“Cilaka” Dua Tiga

The East – Jakarta, 05 Maret 2010.

Ketika sedang seru bekerja, terdengar dengan agak kurang jelas alias samar-samar dari  speaker gedung yang intinya bahwa ”Penghuni gedung untuk segera keluar dari gedung dikarenakan ada kebakaran”, tidak jelas sekali lagi.. intinya ada kebakaran..!!! kontan saja saya dan teman-teman bergegas untuk bersiap-siap menyelamatkan diri, ”Laptop..laptop…!!”, seru salah satu temanku. Yah.. ”Laptop” salah satu instrument penting kami bekerja yang harus diselamatkan (terlebih dahulu hahahah…).

Segera secepat kilat aku dan rekan-rekan yang lain bergegas turun dengan dipandu satpam yang sudah ’ready’ didepan pintu darurat (kecurigaan ke 1). OMG..!!!! baru ingat bahwasannya saya berada di lantai 23… disaat kaki kananku sedang ada sedikit masalah harus turun dari lantai 23.

Dengan menahan rasa sakit akhirnya sampai juga di area aman/evakuasi, disana sudah siap bendera yang menunjukkan bahwa disitu area evakuasi, ada bendera P3K dan orang sudah berkumpul disekitarnya (kecurigaan ke 2). Sambil bertanya ke kiri dan kekanan bahwa kebakaran terjadi di lantai 41. Sambil mendongak ke atas gedung yg cukup tinggi, terlihat ada asap keluar sedikit.. lalu kok.. semakin banyak asap yang keluar membumbung. Takut bagian gedung ada yang runtuh, aku bergerak menjauh menuju tanah lapang yang kebetulan berada di samping gedung.

Bercampur rasa yang entah bagaimana sukar di deskripsikan saat itu, aku tetap terus memandang kearah dimana asap muncul. Hmmm… tapi aku sempati untuk mengambil gambar kejadian langka ini, creekk.. crekk.. suara kamera handphone terdengar merekam gambar gedung yang tengah terbakar.

Ngiung…ngiung..ngiung… mobil ambulance datang… kowekk..kowekk..kowekk.. suara klakson yang aku pikir suara klakson mobil ‘Blangbir’ ( :mobil pemadam kebakaran-Red.) tiba. Sekali lagi aku memandang ke atas gedung, ada air menyemprot, rupanya sedang ada usaha mematikan sumber api, loh..loh… kok… masih banyak orang ditengah gedung .. kok tidak turun… malah sepertinya sedang menonton ke bawah… (kecerugian ke 3) dan akhirnya sampai ada spanduk berjalan bertuliskan, ”Selamat Latihan Evakuasi Selesai”… wakkkkkk ”kecele” berat.. bahkan bukan cuma aku, tetapi rekan rekan yang lain juga.. rgghhhhh… amarah, kesal, capek, lelah bercampur, karena sampai muncul spanduk tadi aku tidak ”ngeh” kalau itu adalah latihan evakuasi kebakaran. Melihat jam sudah menunjukkan hampir jam makan siang, aku dan rekan tidak bergegas masuk gedung untuk bekerja, tapi langsung cabut makan siang….

  1. Kecurigaan ke 1 : lt 23 dimana tidak pernah ada satpam dan tiba-tiba saat itu sudah ada berdiri tegak, siap sedia.
  2. Kecurigaan ke 2 : Bendera evakuasi dan bendera P3K sudah dengan tenang berdiri tegak.
  3. Kecurigaan ke 3 : Ditengah gedung masih banyak orang dan terlihat seperti menonton kebawah.

Ahaaa… terlalu lurus dan polos sehingga sangat yakin bahwa itu benar-benar terjadi tanpa melihat fenomena-fenomena mencurigakan diatas.

Hadiah dari kejadian kemarin adalah kaki bagian betis dan paha menjadi tidak bersahabat akibat dipaksa olahraga turun dari gedung 23 lantai (kelihatan kalau gak rajin olah raga hahahah…).

Terimakasih.. kami akhirnya telah selamat…

About Beni Abdullah
Seorang yang mungkin anda kenal...

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: